Hal-hal yang dialami bunda pada Masa Awal Kehamilan

hal-hal yang dialami pada masa awal kehamilan

Tanda-tanda hamil - Banyak hal, gejala, dan kejadian yang dialami oleh seorang ibu saat sedang hamil khususnya pada masa awal yaitu minggu pertama, minggu kedua, dan ketiga. Dengan mengetahui beberapa tips dan kiat ini seorang bunda bisa melihat tingkat kesuburan yang baik dan menjalani masa awal kehamilan dengan sehat. Bagaimana hal-hal yang dialami bunda pada masa awal kehamilan ?

MINGGU PERTAMA

Minggu ini adalah masa yang paling kritis dari masa kehamilan yang lainnya sehingga pada saat ini bunda perlu menjaga kondisi emosi bunda agar selalu dalam kondisi tenang. Pada masa ini kandungan bunda masih terlalu muda sehingga masih sangat rentan terhadap gangguan fisik maupun psikis. Tekanan-tekanan emosi juga dapat mengganggu kehamilan bunda, jadi bunda perlu hati-hati dengan emosi bunda. Bunda perlu mengatur emosi agar tetap stabil dan tidak membahayakan janin.

Jika bunda mengalami kecemasan atau ketidakbahagiaan yang ekstrem dan terus berlanjut selama masa kehamilan berlangsung ada kemungkinan terjadi perubahan glandular,yang berkaitan dengan emosi,yang menyebabkan gangguan kimiawi pada tubuh bunda (Sontag,1941). Hal ini juga dapat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan bunda, dan mengakibatkan kecacatan pada anak jika tekanan emosi yang ekstrem itu terjadi pada minggu-minggu pertama setelah berlangsungnya konsepsi,kata Stott(1971). Baca tips lainnya tentang Tips Alami Mencegah dan Menghilangkan Bau Kaki dengan Cepat.

Trimester I

Selama tida bulan pertama bunda hamil, bunda akan mengalami perubahan-perubahan fisiologi maupun psikis yang kuat.Perubahan-perubahan ini menyebabkan bunda mengalami gangguan khas kehamilan. Gangguan-gangguan khas yang telah saya sebutkan pada artikel Tanda Awal Kehamilan untuk Ibu Hamil dengan Sehat.

Selain gangguan khaskehamilan yang telah saya sebutkan pada artikel sebelumnya,ada beberapa hal lagi yang perlu bunda tahu selama kehamilan pada trimester I ini :

a. Bayi mulai terbentuk
Perlu bunda ketahui, masa ini adalah masa perkembangan yang paling cepat. Pada masa tiga bulan,nuthfah berkembang dan mencapai bentuknya sebagai manusia yang “utuh” pada akhir bulan ke tiga. Bentuk janin pada akhir  trimester I, sudah seperti manusia tetapi masih belum sempurna.
b. Ngidam makanan
Perubahan selama trimester I menyebabkan munculnya kebutuhan-kebutuhan terhadap zat-zat tertentu yang dibutuhkan tubuh untuk kelangsungan kehamilan yang sehat. Ini menyebabkan bunda ngidam terhadap jenis-jenis makanan tertentu. Kebutuhan akan zat tertentu,misalnya ekstra zat besi diikuti perubahan-perubahan suasana hati yang menonjol. Dan kadang menyebabkan bunda ngidam yang aneh-aneh.
Ngidam (craving) merupakan gejala yang wajar bagi wanita yang sedang hamil pada trimester I. Kadang-kadang dapat berlanjut sampai trimester III.
c. Pantang makanan
Ada sebagian wanita yang berpantang terhadap makanan. Ia tidak menyukai jenis-jenis makanan tertentu,meskipun sebelumnya bisa jadi jenis makanan itu merupakan menu favorite bunda. Pantang makanan ini merupakan bentuk lain dari apa yang oleh Trethowan disebut sebagai dulled-taste (selera yang “bodoh”).
Sebaiknya bunda perlu mempertimbangkan kembali pantangannya terhadap makanan,jika makanan itu merupakan menu utama dalam keluarga. Sikap bijak tersebut diperlukan agar anggota keluarga yang lain tidak merasa kurang nyaman dengan pantan makanan bunda.

d. Kepala sering berkunang-kunang dan terasa berat
Pada trimester ini bunda akan sering merasa berkunang-kunang terutama jika terlalu sering banyak duduk. Hal ini wajar dan normal dialami oleh setiap wanita pada trimester ini,jadi bunda tidak perlu cemas dan khawatir.

e. Mudah mengantuk
Sampai nanti kehadiran bayi dalam rahim bunda benar-benar terasa maka bunda akan sering merasa mudah mengantuk. Hal ini dapat terjadi karena kondisi fisik bunda yang mudah lelah dan malas melakukan aktivitas sehari-hari.

f. Lembab pada farji
Memasuki masa kehamilan,gejala khas yang dapat bunda rasakan adalah meningkatnya kelembaban pada daerah farji (vagina) . Meningkatnya aliran darah ke daerah farji menyebabkan sekresi meningkat. Akibatnya vagina bunda dalam keadaan basah.

Alternatif yang dapat bunda pakai jika kelembaban sudah mengganggu adalah memakai pembalut wanita,sebagaimana yang digunakan pada saat haid. Hanya saja bunda harus lebih sering menggantinya. Juga harus diperhitungkan apakah penggunaan itu tidak membuat aliran darah terganggu? Misalnya terlalu ketatnya celana dalam, karena adanya benda lain (pembalut).Celana dalam yang terlalu ketat juga tidak baik bagi daerah farji bunda. Jadi hindari pemakaian celana dalam yang ketat selama masa kehamilan.

Apabila bunda merasa tidak nyaman menggunakan pembalut,bunda bisa juga menggunakan celana dalam saja asal bunda harus sering menggantinya setiap waktu terasa lembab.

g. Edema
Edema atau Pembengkakan adalah hal yang biasa dialami oleh wanita hamil,terutama pada wilayah betis keatas.Tetapi ada juga edema yang terjadi pada bagian tangan. Edema terjadi karena cairan berlebih dalam tubuh. Bunda tidak perlu khawatir apabila bunda mengalami edema pada trimester I karena edema pada masa ini biasanya belum merupakan gangguan berarti bagi bunda. Biasanya edema mulai mengganggu bunda pada usia kehamilan trimester III, karena pada usia ini janin mulai membesar dan pembuluh darah pada tubuh bunda pun juga membesar.

h. Perasaan cemas
Setiap calon ibu pasti akan memiliki rasa cemas , apalagi calon ibu yang sedang hamil anak pertama mereka. Kecemasan dapat keluar dengan sendirinya dari diri bunda tanpa bunda inginkan. Kecemasan itu kemungkinan tentang kondisi janin bahkan kondisi bunda sendiri. Hal itu wajar bagi bunda yang sedang hamil tetapi kecemasan yang berlebihan bukan saja membuat bunda tidak dapat menikmati masa kehamilan bunda tetapi juga mempengaruhi perkembangan janin dalam rahim bunda, apalagi kecemasan yang tinggi itu terjadi mulai dari bulan pertama kehamilan.

i. Perubahan tingkah laku
Selama trimester I, perubahan tingkah laku mungkin banyak terjadi pada diri bunda seperti perubahan fisiologis bahkan perubahan mood. Bunda mungkin juga tidak menyadari perubahan tingkah laku yang terjadi pada diri bunda.

Tidak masalah yang berarti jika isteri maupun suami sama-sama memahami perubahan tingkah laku ini. Kesadaran bahwa perubahan tingkah laku merupakan reaksi penyusuaian yang alamiah, mendorong isteri dan suami untuk menyikapinya secara lebih bijak. Itulah tadi hal-hal yang dialami bunda pada masa awal kehamilan.

Catatan :
Hal-hal yang dialami wanita yang sedang hamil bisa berbeda-beda,apabila bunda mengalami gangguan yang tidak biasa bunda dapat memeriksakannya ke dokter. Dan saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi calon ibu yang akan menghadapi masa kehamilan. Untuk informasi tentang “hal-hal yang dialami bunda pada trimester II” bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Hal-hal yang dialami bunda pada masa trimester II
Have nice time, Bunda !
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Hal-hal yang dialami bunda pada Masa Awal Kehamilan"

Back To Top