Penyebab dan Pencegahan Persalinan Dini (Premature)

masakankita.com on Penyebab dan Pencegahan Persalinan Dini (premature) - Persalinan dini atau biasa disebut persalinan premature terjadi di usia kehamilan kurang dari 37 minggu. Persalinan ini cukup membahayakan .Hal ini cendurung mengakibatkan permasalahan karena bayi yang belum siap lahir. Berat bayi yang lahir premature umumnya kurang dari 2,5 kg. Dan paru-paru yang biasanya terbentuk di akhir masa kehamilan tidak dapat membentuk sempurna sehingga meningkatkan terjadinya risiko sindrom gawat napas.
penyebab dan pencegahan persalinan dini premature


Bayi Prematur adalah bayi yang lahir kurang dari usia kehamilan yang normal (37 minggu) dan juga dimana bayi mengalami kelainan penampilan fisik. Oleh karena itu sangat penting bunda mengetahui tentang penyebab, tanda-tanda,serta pencegahan persalinan dini agar bunda dan bayi dapat bersalin secara normal ,selamat dan sehat. Berikut tanda-tanda persalinan dini :

Penyebab Persalinan Dini, yaitu :

  1. Ketuban pecah dini
  2. Infeksi
  3. Kehamilan kembar
  4. Kelainan rahim
  5. Riwayat persalinan dini
  6. Plasenta lepas 
  7. Penyakit bawaan ibu
  8. Status sosio-ekonom rendah
  9. Ibu dengan mulut rahim lemah
  10. Tanda-tanda dan tidakan medis :
  11. Adanya kontraksi kuat dan teratur di usia kehamilan kurang dari 37 minggu,bahkan adanya air ketuban yang keluar dan mulai mengering.
  12. Kondisi janin yang dapat dilihat dari pemeriksaan USG
  13. Terlihat sudah ada pembukaan dan kepala bayi sudah masuk ke panggul jauh sebelum perkiraan tanggal lahir


Apabila bunda memiliki tanda-tanda seperti itu , bunda perlu dilarikan ke rumah sakit yang memiliki fasilitas ruang perawatan NICU. Sebab begitu dilahirkan ,bayi premature akan segera masuk ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit).

Pencegahan persalinan dini :

  • Pemeriksaan kehamilan yang baik dan teratur meskipun tidak ada keluhan
  • Jika ada keluhan,periksakan kandungan bunda segera
  • Setelah kehamilan 37 minggu disarankan control kehamilan setiap minggu


Pemeriksaan yang dilakukan secara rutin dan baik akan mencegah terjadinya persalinan dini , karena pihak medis akan memberikan pelayanan dan tindakan medis yang tepat sesuai dengan penyebab yang bunda alami. Ingat apabila bunda sudah mengetahui penyebab-penyebab persalinan dini ada pada diri bunda segeralah minta saran dokter. Lebih cepat lebih baik untuk penanganan hal tersebut agar tidak premature.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat menjaga kondisi kandungan bunda. Untuk informasi tentang “Mengajari sikap disiplin pada anak” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Cara mengajari anak disiplin sikap.
Have nice time, Bunda ! Itulah tadi tips kesehatan tentang penyebab dan pencegahan persalinan dini. Semoga bermanfaat.
Tag : Persalinan
0 Komentar untuk "Penyebab dan Pencegahan Persalinan Dini (Premature)"

Back To Top