Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu Hamil dengan Sehat

Mengenali tanda-tanda kehamilan - Wanita sering tidak mengetahui bahwa dirinya sedang hamil pada minggu keempat, kelima, bahkan kesepuluh. Dokter juga kadang-kadang tidak bisa menentukan,apakah seorang wanita itu sudah hamil atau belum,ketika usia kehamilan baru menginjak minggu keenam. Mau makan makanan yang sehat, baca terus www.masakankita.com

imarsha.blogspot.com

Sebenarnya,kapan kehamilan itu sudah mulai bisa dikenali tanda-tandanya? Tanda-tanda kehamilan,biasanya mulai muncul pada minggu pertama atau kedua,setelah konsepsi berlangsung. Tanda-tanda awal kehamilan itu meliputi :

1. Hilangnya periode haid

Jika bunda sudah waktunya haid , tapi ternyata tamu bulanan ini tidak datang,kemungkinan besar ini merupakan tanda-tanda kehamilan. Setiap wanita mempunyai siklus haid yang datang setiap bulannya. Haid tidak datang, karena ovum telah dibuahi oleh sperma suami. Apabila bunda mengalami telat datang bulan,segeralah periksa menggunakan alat test kehamilan atau pergi  ke dokter kandungan untuk memeriksakan kondisi kandungan bunda,apakah positif hamil atau tidak.

2. Haid dengan pendarahan sedikit

Pada bulan pertama masih mungkin bunda mengalami haid, tetapi yang bisa mengindikasikan bahwa wanita tersebut hamil adalah pendarahan yang sedikit dari biasanya. Kemungkinan lain yang bisa mengindikasikan adalah masa haid bunda yang lebih pendek daripada biasanya.Mungkin haid hanya berlangsung selama satu hari atau bahkan cuma beberapa jam. Tetapi bunda tidak perlu khawatir karena kondisi seperti ini normal terjadi.

Tetapi,jika ibu masih mengalami pendarahan pada kehamilan usia 10 minggu maka bunda sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter ahli kandungan dan kebidanan (obsetri dan genekologi).

3. Pembengkakan dan Pelembutan payudara

Pembengkakan dan pelembutan payudara biasanya terjadi dua minggu setelah konsepsi.Pembengkakan mungkin terjadi pada daerah areola(daerah putting dan sekitarnya) atau pangkal payudara bunda. Bisa juga meliputi dada secara umum,sedangkan pelembutan payudara meliputi wilayah payudara secara umum.

Tetapi, apabila ibu hamil merasa nyeri pada bagian payudara akibat pembengkakan, bunda bisa mengkompresnya dengan air hangat secara rutin.

4. Frekuensi kencing meningkat

Perkembangan nuthfah menjadi ‘alaqah membuat rahim membesar dan mendesak kandung kemih bunda sehingga mengakibatkan kandung kemih bunda mudah penuh. Ini menyebabkan frekuensi kencing pada wanita hamil meningkat.

Wanita yang mengalami stress juga akan sering kencing dibandingkan wanita normal. Terjadinya stress saat kehamilan juga akan mempengaruhi kondisi janin dalam rahim bunda,jadi hindari stress ya bunda.

Urine biasanya menjadi alat test bagi dokter untuk melihat : apakah wanita itu sudah hamil atau belum? Urine juga dapat menjadi petunjuk yang akurat sejak kehamilan bunda berusia 14 hari.
Tetapi dokter kadang-kadang masih gagal menentukan apakah wanita itu sudah positif hamil,meskipun kehamilan itu sudah mencapai usia 10 minggu. Beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan itu adalah:

  • a. Urine terlalu hangat,
  • b. Konsentrasi urine tidak memadai,
  • c. Kontaminasi karena medikasi atau kontaminasi oleh media pengetesan.

Urine pada wanita hamil biasanya akan lebih jernih,tetapi jika urine bunda cenderung menguning dan mengeluarkan bau yang lebih tajam atau tidak bau khas urine, segeralah bunda mengkonsultasikan kepada dokter. Mungkin terjadi infeksi pada urethra. Kalau tidak, mungkin persoalan apocrine(kelenjar penghasil bau) yang lebih aktif.

5. Kelelahan

Pada trimester I, bunda akan sering merasa lelah dan mudah mengantuk , tetapi bunda tidak perlu khawatir karena hal tersebut wajar terjadi pada wanita yang sedang hamil. Beberapa wanita juga mungkin akan menjadi malas untuk melakukan berbagai kegiatan sehingga cenderung suka tidur pada kehamilan trimester I. Tetapi bunda juga perlu menjaga sikap tidur yang berlebih karena kurang baik bagi kondisi bunda. Bunda masih dapat melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasa tetapi jangan berlebih , apabila bunda mulai merasa lelah bunda sebaiknya berhenti dan istirahat sebentar agar mempengaruhi kondisi janin.

6. Morning Sickness

Isitilah morning sickness banyak digunakan untuk menunjukan adanya gangguan berupa mual-mual dan kepala berkunang-kunang. Morning sickness biasa terjadi pada wanita hamil, jadi apabila bunda merasakan morning sickness kemungkinan besar bunda sedang mengandung atau hamil. Meskipun demikina morning sickness tidak hanya terjadi pada waktu pagi hari, terkadang morning sickness terjadi setelah makan malam bahkan sebagian mengalami morning sickness hampir sepanjang hari.

Sampai saat ini yang saya ketahui tidak ada obat-obatan yang mampu menghilangkan morning sickness pada wanita hamil karena kondisi seperti ini memang wajar dan normal terjadi pada wanita. Apabila bunda mengalami morning sickness minum lah air hangat untuk mengurangi mual pada diri bunda.

7. Merasa kram

Banyak wanita yang dapat merasakan kram pada bagian perut atau farji pada saat hamil. Jadi apabila bunda merasakan kram pada bagian tersebut yang terlalu sering periksakan diri bunda ke dokter karena kemungkinkan bunda mengalami kehamilan atau kemungkinan ada penyakit lain yang menganggu diri bunda.

8. Perubahan pada pencernaan

Perubahan pada pencernaan mengindikasi terjadinya kehamilan pada sebagian wanita. Wanita hamil biasanya menjadi malas makan atau porsi makan yang jauh berkurang. Tetapi ada juga wanita hamil yang merasakan sebaliknya yaitu porsi makan yang banyak jauh dari porsi makan biasanya.

Untuk bunda yang merasa malas makan alangkah baiknya memperhatikan kebutuhan gizikarena hal tersebut dapat mempengaruhi tumbuh kembang janin pada rahim bunda. Untuk mengantisipasinya alangkah baiknya bunda sering makan walaupun dengan porsi yang amat sedikit.

9. Perubahan rahim
Ada beberapa perubahan yang terjadi pada rahim bunda sejak kehamilan mulai berlangsung,yaitu perubahan warna mulut rahim bunda : dari pink pucat menjadi kebiru-biruan. Perubahan warna ini disebabkan oleh meningkatnya sirkulasi darah pada diri bunda.

10.Perubahan suasana hati
Berdasarkan studinya terhadap sekelompok wanita dan ibu yang sedang hamil pada trimester I,Myra Leifer (1977) menunjukkan bahwa wanita hamil sering mengalami perubahan suasana hati . Wanita dengan kepribadian yang kurang stabil biasanya akan lebih mencemaskan keselamatan dirinya. Pikiran negative akan seketika timbul dari pikiran wanita tersebut. Seperti contoh “apakah aku akan cantik lagi setelah melahirkan?” atau “ apakah suamiku akan setia padaku setelah melahirkan nanti?”. Sebaliknya wanita dengan kepribadian yang stabil akan lebih mencemaskan bayi yang ada dalam kandungannya. Wanita stabil akan lebih mencari info-info tentang kehamilan yang baik bagi ibu dan anak.

Perhatian dan dukungan dari suami juga keluarga akan menstabilkan emosi wanita yang sedang hamil. Hal ini dapat meyakinkan bunda agar siap dalam proses mangandung sampai melahirkan nanti.

Catatan :
Tanda-tanda kehamilan pada setiap wanita bisa berbeda-beda.Informasi-informasi ini saya harapkan dapat membuat suami dan istri lebih siap dalam menghadapi proses kehamilan  karena perubahan-perubahan yang terjadi pada saat hamil perlu disikapi dengan bijak.

Sumber Terpercaya dari Dokter Spesialis Kehamilan dan Buku Kesehatan. Published on Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu hamil dengan Sehat.
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Tanda Awal Kehamilan Untuk Ibu Hamil dengan Sehat"

Back To Top