Perkembangan Janin Usia 1-9 Bulan Masa Kehamilan

perkembangan janin usia 1-9 bulan pada masa kehamilan

Masa kehamilan adalah masa yang indah bagi calon bunda, karena pada masa ini bunda dapat mengenali janin dengan baik. Perkembangan dan pertumbuhan janin pada masa kehamilan dapat menentukan kondisi ia ketika lahir, jadi bunda perlu tau pentingnya perkembangan janin selama masa kehamilan. Disini saya akan membahas sedikit tentang perkembangan janin per bulan lengkap dari 1-9 bulan dan apa saja yang perlu bunda lakukan ,seperti berikut :

BULAN 1 (usia kehamilan 1-6 minggu ; usia janin 1-4 minggu)
Pembentukan organ penting janin : system pembuluh darah dan system saraf,jantung ,mata,tangan , dan kaki.Jika pada masa ini mengalami gangguan maka akan terjadi cacat bawaan atau kematian janin.Ukuran embrio mencapai 1,25-3 mm dengan berat kurang dari 1 g pada akhir bulan pertama.

Yang perlu ibu hamil lakukan yaitu :

  • Konsumsi asam folat
  • Hindarimakan bahan mentah atau pewarna makanan
  • Hentikan kegiatan tak sehat seperti alcohol atau tidur malam
  • Hindari obat tanpa control ahli


BULAN 2
(usia kehamilan 7-10 minggu ; usia janin 5-8 minggu)

Embrio berkembang pesat menjadi 2-5 mm di awal dan 31-44 mm di akhir bulan dengan berat 4-5 g. Pankreas,kandung empedu, duktus biliaris dan anus sudah siap di posisi masing-masing. Hati pun telah terbentuk. Jantung berdenyut 150kali permenit. Tulang kaki ,telingan dan tonjolan pembentukan gigi dibawah gusi juga mulai terbentuk.

Yang perlu bunda lakukan :

  1. Hindari makanan berlemak,dan perbanyak konsumsi cairan
  2. Konsumsi buah dan daging merah
  3. Olahraga (renang dan jalan kaki)
  4. Memperhatikan kesehatan gigi dan mulut

BULAN 3 (usia kehamilan 11-14 minggu ; usia janin 9-12 minggu)

Besar janin kira-kira setelapak tangan bunda dengan panjang 44-60 mm di awal dan 80-93 di akhir juga berat 24-45 g.Organ tubuh janin sudah terbentuk lengkap dan memasuki periode pematangan fungsi sistem organ. Sel saraf dan otak cepat berkembang.Mulai ada refleks, seperti refleks menelan dan refleks terhadap sentuhan.

Yang perlu bunda lakukan :

  • Perhatikan pola makan dan nutrisinya
  • Jaga kenaikan berat badan 2kg/bulan
  • Sering mengusap lembut perut dan mulailah mengajaknya berbicara


BULAN 4
(usia kehamilan 15-18 minggu ; usia janin 13-16 minggu)

Di awal bulan janin mencapai panjang sekitar 80-93mm dengan berat 25-45 gram , dan di akhir mencapai panjang 12,5-14 cm dengan berat 120-150 g. Janin kian aktif bergerak dan ia terus berlatih untuk bernapas,mengisap,menelan,bahkan tersedak. Janin dapat mendengar suara dan mengangkat tangannya atau mencoba bersembunyi apabila ada suara keras .

Yang perlu bunda lakukan :

  • Stimulasi indra pendengaran sambil mengelus-elus perut
  • Ajak ayah untuk mengajak janin bicara


BULAN 5 (usia kehamilan 19-22 minggu ; usia janin 17-20 minggu)

Panjang dan berat janin di awal bulan ini 13-15 cm dan 200g, di akhir bulan mencapai 19-22 cm dan 350g. Wujud janin sudah seperti miniature dari bayi cukup bulan. Telinganya sudah berfungsi menikmati suara rebut di dalam rahim bunda.Bibir, kelopak mata, alis terlihat lebih jelas. Rambut halus melingkupi seluruh tubuhnya dan ia pun sudah dapat merasakan sentuhan ringan.

Yang perlu bunda lakukan :

  1. Ajak janin berkomunikasi
  2. Bacakan dan perdengarkan dongeng maupun musik ringan

BULAN 6
(usia kehamilan 23-26 minggu ; usia janin 21-24 minggu)

Panjang dan berat janin diawal bulan sekitar 28 cm dan 455 g;diakhir bulan mencapai 33 cm dan berat hampir 1 kg. Perkembangan penting di bulan ini adalah gelombang otak sudah mengaktivasi system auditori dan visual sehingga mata janin dapat merespons datanya cahaya dan telinga kecilnya dapat merespons suara dari luar.

Yang perlu ibu hamil lakukan :

  • Berikan stimulasi cahaya dengan menggerak-gerakkan senter di depan perut bunda
  • Ajak bayi berbicara


BULAN 7 (usia kehamilan 27-30 minggu ; usia janin 25-28 minggu)

Panjang dan berat janin diawal bulan sekitar 34 cm dan 900-1000 g ; diakhir bulan mencapai 38 cm dan berat hampir 1,35 kg. Janin sudah mulai dapat merespons suara dari luar,tetapi masih terdengar berdengung Karen telinganya masih diliputi verniks kaseosa untuk melindungi janin dari cairan ketuban. Janin juga mampu membuka dan menutup kelopak matanya.

Yang perlu bunda lakukan :

  1. Sering ajak berkomunikasi
  2. Bacakan cerita dongeng  kepadanya
  3. Perdengarkan music-musik klasik yg lembut

BULAN 8
(usia kehamilan 31-34 minggu ; usia janin 29-32 minggu)

Panjang dan berat janin diawal bulan sekitar 39-40 cm  dan 1,5-1,6 kg ; diakhir bulan mencapai 43 cm dan berat hampir 2-2,1 kg. Tulang janin semakin keras dan bergabung menjadi satu untuk memudahkan janin bergerak memasuki saluran lahir. Janin sudah dapat memutarkan kepalanya ke samping dan bergerak semakin banyak. Di usia kehamilan 33 minggu kepala janin sudah dalam posisi di bawah.

Yang perlu bunda lakukan :

  • Lanjutkan terus stimulasi kepada janin, baik stimulasi suara, sentuhan, maupun cahaya.
  • Berhati-hatilah dan selalu waspada demi mencegah persalinan dini

BULAN 9 (usia kehamilan 35-38 minggu ; usia janin 33-36 minggu)

Panjang dan berat janin diawal bulan sekitar 41-45 cm  dan 2,2 kg ; diakhir bulan sudah mencapai 47 cm dan berat hampir 2,8 kg. Paru-paru semakin sempurna, begitupun dengan system kekebalan tubuhnya. Di minggu ke-38 kehamilan, janin sudah cukup bulan untuk dilahirkan, posisi kepala sudah dibawah sehingga bisa lahir kapan saja.

Yang perlu bunda lakukan :

  1. Tetap relaks
  2. Libatkan seluruh anggota keluarga untuk mengelus perut bunda
  3. Kenali tanda-tanda persalinan


Hal-hal diatas merupakan perkembangan-perkembangan janin yang perlu bunda ketahui sebagai referensi dalam bertindak, sehingga bunda dapat lebih berhati-hati dalam menjaga kandungan bunda.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat menjaga tumbuh kembang janin selama masa kehamilan. Untuk informasi tentang “Penyebab dan juga Tanda-tanda persalinan awal (premature)” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Penyebab dan Pencegahan Persalinan Dini. Terimakasih telah membaca artikel kesehatan tentang Perkembangan Janin usia 1-9 Bulan Masa Kehamilan.

Have nice time, Sehat Bunda !
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Perkembangan Janin Usia 1-9 Bulan Masa Kehamilan"

Back To Top