Cara Mengatasi Panas Dalam

cara mengatasi panas dalam on sehatify.com

Siapa yang tidak sebal dengan hal yang satu ini? Ya, panas dalam. Panas dalam akan membuat badan kita lemas. Panas dalam sangat menganggu karena ia dapat datang secara tiba-tiba tanpa kita sadari penyebabnya. Beberapa gejala panas dalam yang dapat timbul antara lain kerongkongan terasa sakit dan kering, bau mulut, bibir pecah-pecah, serta tidak enak badan. Tetapi anda tidak perlu khawatir, karena ada banyak cara untuk mengatasi permasalahan panas dalam tersebut,salah satunya dengan bahan alami .Dan ada penting juga untuk anda mengetahui penyebab-penyebab terjadinya panas dalam itu.

Penyebab Timbulnya Panas Dalam, yaitu :

  • Kekurangan vitamin C
  • Kurang minum atau dehidrasi
  • Kurang serat
  • Stress
  • Cuaca pancaroba
  • Terlalu banyak mengkonsumsi goreng-gorengan / junk food


Cara Mencegah Panas Dalam di Tubuh :

1.  Jangan makan terlalu panas atau dingin
Makan atau minum yang terlalu panas atau dingin dapat mengakibatkan gangguan sistem pencernaan. Sistem pencernaan memiliki aturan suhu tersendiri, sehingga apabila makan atau minum yang terlalu panas dan dingin dapat mengakibatkan sulitnya proses pencernaan.

2. Perhatikan makanan yang dimakan
Terlalu banyak makan makanan yang digoreng atau berminyak dapat menyebabkan luka dan iritasi pada tenggorokan, hal ini lah yang menimbulkan gejala panas dalam.

3. Hindari stress
Stress dapat menimbulkan panas dalam, karena stress dapat menimbulkan kelelahan fisik maupun pikiran. Sehingga daya tahan tubuh melemah dan menjadi rentan terhadap panas dalam.

4. Olahraga secara rutin
Olahraga dapat meningkatkan daya tahan dan stamina kita sehingga tidak mudah terkena panas dalam . Panas dalam sendiri dapat terajadi ketika tubuh terlalu lemah atau sedang kelelahan. Maka dari itu kita perlu meningkatkan aktivitas kita, terutama olahraga yang rutin.

Cara Mengatasi Panas Dalam secara Alami

Kacang Hijau
Kacang hijau termasuk bahan yang sering kita jumpai dimana-mana sehingga tidak susah juga untuk mendapatkannya. Kacang hijau ini dapat mengobati panas dalam secara alami karena kacang hijau mengandung protein dan asam amino, mineral (fosfor, zat besi, mangan), vitamin (A dan B1), dan sisanya lemak yang dibutuhkan untuk mengobati panas dalam. Cara menggunakannya sangat mudah yaitu dengan merebus kacang hijau tersebut kemudian diberi sedikit gula.

Madu dan perasan lemon
Madu dan perasan lemon merupakan obat yang sering digunakan untuk menangani sakit tenggorokan dan panas dalam. Cara menggunakannya adalah dengan menggunakan 1 sendok madu dicampur air hangat dengan perasan lemon, lalu meminumnya.

Daun Alang-Alang
Daun alang-alang dipercayai sangat ampuh untuk mengatasi panas dalam.Penggunaan nya adalah dengan merebus daun alang-alang, kemudian ambil air nya dan campurkan dengan gula,kemudian minumlah air tersebut.

Air Kelapa Hijau
Air kelapa dipercaya mengandung beberapa komponen penting untuk menurunkan panas dalam . Air kelapa sendiri mengandung vitamin c dan juga glukosa untuk mengobati panas dalam. Air kelapa juga dapat menghilangkan dehidrasi pada tubuh sehingga dapat menghilangkan gejala panas dalam secara alami.

Bagaimana? Apa anda masih khawatir apabila panas dalam datang secara tiba-tiba? Anda tidak perlu khawatir, anda dapat mencegahnya sebelum hal itu terjadi dengan menjaga pola makan anda dan kesehatan anda. Anda juga dapat mengobatinya apabila panas dalam itu mulai datang pada diri anda.

Catatan :
Saya harap dengan adanya artikel ini,anda dapat mencegah panas dalam dan mengobatinya . Itulah tips kesehatan tentang Cara Mengatasi Panas Dalam pada tubuh anda. Untuk artikel mengenai “Tips Menghilangkan Bau Mulut”, anda dapat membaca di artikel saya yang berjudul Cara Menghilangkan Bau Mulut.
Source : cara mengatasi panas dalam, tips mengobati panas dalam, penyebab panas dalam pada tubuh.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Panas Dalam"

Back To Top