Tips Mengatasi Penyakit Insomnia/Susah Tidur

tips mengatasi penyakit insomnia susah tidur

Untuk sebagian orang, tidur adalah hal yang susah untuk dilakukan. Banyak faktor yang dapat menjadi pemicu hal tersebut, dari fisik maupun psikis. Hal susah tidur tersebut sering kita kenal dengan nama “insomnia” . Insomnia memang sering kita jumpai pada kehidupan sehari-hari, insomnia dapat menghantui setiap orang. Tidak sedikit pula orang yang menggunakan obat penidur untuk menghilangkan kelainan tidur yang satu ini. Tetapi penggunaan obat yang terlalu sering dapat berdampak tidak baik bagi tubuh kita.

Masih banyak bahan dan cara alami yang dapat kita gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Disini www.masakankita.com akan memberikan info tentang tips mengatasi susah tidur (insomnia). Sebelum anda tahu cara mengatasi permasalahan tersebut, adabaiknya anda mengetahui penyebab-penyebab terjadinya insomnia. Dan sehatify.com akan membagikannya untuk anda.

Penyebab Susah Tidur (Insomnia) :

  1. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol / narkotika
  2. Faktor psikiologi (depresi,tekanan batin,stres)
  3. Terlalu banyak mengkonsumsi obat
  4. Efek dari obat yang anda konsumsi
  5. Kebiasaan tidur malam
  6. Ada kelainan pada sistem saraf otak
  7. Penurunan fungsi ginjal


Dari penyebab-penyebab insomnia diatas, cara yang tepat untuk mengatasinya adalah :

Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) :

1. Air putih
Sebaiknya untuk menghindari permasalahan susah tidur, ada baiknya anda mengkonsumsi air putih yang banyak. Air putih dapat membantu kinerja ginjal , sehingga ginjal tidak bekerja terlalu keras. Dan hal ini dapat mencegah terjadinya penurunan fungsi ginjal yang dapat mengakibatkan susah tidur pada malam hari.

2. Hindari konsumsi obat yang berlebih
Obat yang kita konsumsi berlebih akan memberatkan kinerja ginjal anda. Ginjal akan bekerja lebih ekstra  untuk itu sehingga akan terjadi penurunan fungsi ginjal, dan itu akan menjadi faktor pemicu insomnia.

3. Makanan pemicu kadar gula darah
Sebaiknya anda menghindari mengkonsumsi makanan pemicu kadar gula darah pada malam hari,karena makanan ini akan membuat anda susah tidur pada malam hari ketika anda mengkonsumsinya. Contoh makanan tersebut adalah es cream dan makanan berlemak tinggi.

4. Alkohol dan Narkotika
Hindari pemakaian barang-barang tersebut, karena pengkonsumsian alkohol dan narkotika akan memicu terjadinya kelainan tidur atau insomnia. Karena memang efek yang ditimbulkan dari mengkonsumsi barang tersebut adalah susah tidur.

5. Vitamin E
Hindari pengkonsumsian suplemen vitamin E yang berlebih, karena suplemen vitamin E dapat mengganggu kinerja sistem metabolisme tubuh sehingga dapat memicu terjadinya insomnia tersebut.

6. Yoga
Anda dapat melakukan yoga untuk menenangkan pikiran anda. Yoga dapat menghindari anda dari stres dan depresi yang berlebih. Sehingga pikiran anda lebih relaks dan anda dapat tidur dengan nyenyak.

Tips-tips diatas diharapkan dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan tidur anda. Memang permasalahan tidur yang susah sangat mengganggu aktifitas anda,tapi bukan berarti hal itu tidak dapat anda cegah. Semoga tips Mengatasi Penyakit Insomnia/Susah Tidur tersebut bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba
0 Komentar untuk "Tips Mengatasi Penyakit Insomnia/Susah Tidur"

Back To Top