Cara Mengajari Anak Menyikat Gigi yang Benar

Di tips kesehatan sebelumnya telah dijelaskan Cara Mengajari Anak Berwirausaha dan Berbisnis, sekarang Cara Mengajari Anak Menyikat Gigi yang Benar. Menyikat gigi adalah suatu hal yang biasa dihindari oleh anak-anak. Biasanya anak cenderung malas untuk menyikat gigi mereka sehingga bunda pun kesusahan mengajaknya membiasakan diri menyikat gigi. Sedangkan menyikat gigi sangat penting bukan hanya untuk anak bahkan bagi orang dewasa juga.

cara menyikat gigi yang benar

Menyikat gigi dapat menghindari kita dari kuman jahat yang merusak gigi bahkan mengganggu kesehatan mulut kita. Oleh karena itu disini saya akan memberikan informasi tentang langkah menyikat gigi yang benar dan bagaimana cara mengajari anak menyikat gigi.

Berikut langkah-langkah menyikat gigi yang benar :
  1. Gosok gigi bagian depan denga gerakan dari gusi ke gigi (atas bawah), dilanjutkan ke bagian kanan kiri dengan arah yang sama
  2. Buka mulut dan lanjutkan sikat gigi dengan gerakan mencungkil untuk bagian depan, kanan, dan kiri.
  3. Gerakan ini dilakukan untuk gigi bagian atas dan bawah.
  4. Setelah mencungkil, gosok gigi bagian permukaaan sebanyak 1x.
  5. Setelah semua gerakan dilakukan dengan durasi total 2 menit lanjutkan dengan berkumur. Berkumur cukup 1x untuk mencegah larutnya lapisan fluoride pada gigi.
Apabila anak tidak ingin menggosok gigi,yang perlu bunda lakukan adalah :
  • Jangan paksa untuk gosok gigi,tapi berikan contoh yang benar untuk anak. Sehingga anak dapat mencontohnya.
  • Lakukan gosok gigi bersama , hal ini menciptakan kedekatan bunda dengan anak. Anak akan mudah melakukannya apabila melakukan kegiatan ini bersama bunda.
  • Properti gosok gigi yang menarik hati anak
  • Jadikan kegiatan menggosok gigi menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bunda dapat melakukan berbagai hal pada saat menggosok gigi, seperti bermain peran atau bernyanyi riang.
  • Usai menggosok gigi ajaklah sang anak untuk mengobrol tentang perasaan sang anak.
  • Berikan penjelasan tentang pentingnya menggosok gigi kepada anak. Atau bunda dapat menontonkan video atau film edukatif tentang pentingnya menggosok gigi.
Lihat hasil menggosok gigi, bunda dapat membandingkan gigi anak bunda dengan gigi teman-temannya yang kurang baik. Sehingga ia dapat melihat perbedaannya.

Mengajari anak untuk melakukan kegiatan menggosok gigi memang agak susah, tetapi bunda perlu selalu mengingatkan dan memberinya penjelasan tentang pentingnya menggosok gigi.Sehingga anak akan dapat mengerti dan dapat melakukannya dengan pengertian yang baik. Dan selalu ingatkan anak bunda untuk menjaga giginya dari makanan yang terlalu manis, dan gosok gigilah setelah memakan makanan tersebut.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat menjaga kesehatan dengan cara menyikat gigi yang baik dan benar. Untuk informasi tentang “manfaat mencukur rambut bayi” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Manfaat Mencukur Rambut Bayi.
Have nice time, Bunda !
0 Komentar untuk "Cara Mengajari Anak Menyikat Gigi yang Benar"

Back To Top