Hal yang dialami Bunda pada Masa Trimester 3 Ketiga

Masa Kehamilan Trimester 3
Hal-hal yang dialami bunda pada masa trimester III - Gangguan-gangguan khas pada trimester I mulai muncul lagi pada trimester III. Gangguan-gangguan khas itu terutama terasa pada usia-usia akhir kehamilan. Selain gangguan-gangguan khas trimester I yang muncul , bunda juga akan mengalami kondisi khas trimester III, adapun kondisi itu seperti berikut :

a. Perasaan ingin cepat menajdi ibu dan peningkatan kepedulian

Bunda akan merasakan perasaan ingin cepat-cepat menjadi seorang ibu terutama ketika memasuki usia kehamilan 9 bulan. Bunda juga bisa merasakan rasa kebosanan dengan status kehamilan dan kehamilan yang bunda rasakan terasa lama. Padahal bunda ingin sekali cepat-cepat memeluk sang buah hati. Keinginan itu akan muncul dalam bentuk ketidaksabaran bunda terhadap kehamilan bunda.

Dengan perasaan tersebut akan mendorong bunda untuk lebih peduli terhadap buah hati. Bunda memiliki perasaan ingin selalu memeriksakan calon buah hati bunda ke dokter agar dapat mengetahui kondisi sang buah hati di rahim bunda setiap waktu. Kepedulian ini akan meningkat kuat ketika detik-detik persalinan akan tiba yaitu di masa trimester 3.

b. Gelisah terhadap persalinan

Kegelisahan terhadap persalinan sangat tinggi pada saat akhir kehamilan. Banyak pertanyaan-pertanyaan dipikiran bunda yang akan mengganggu rasa percaya diri bunda.  Pada kondisi ini bunda harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan konsep diri yang bagus. Jika bunda memiliki rasa percaya diri yang rendah sebaiknya bunda perbanyak membaca buku-buku mengenai persalinan yang baik atau bacaan dengan tema spiritualitas agar dapat mendamaikan hati.
Pada kondisi ini bunda juga perlu mendapat dukungan positif dari suami atau keluarga,sehingga bunda akan yakin dan percaya diri untuk menghadapi persalinan nanti.

c. Sulit tidur

Hal ini wajar terjadi pada trimester 3 ini, karena perasaan gelisah dan cemas yang meningkat terhadap kehamilan bunda . Kesibukan bunda di akhir kehamilan juga dapat mempengaruhi metabolisme bunda, sehingga mengakibatkan bunda lupa waktu . Karena bersemangat untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati,bunda menjadi susah tidur karena ingin terus bekerja untuk mempersiapkan kehadiran sang buah hati.

d. Persendian panggul terasa goyah

Hal ini terjadi karena beban kehamilan bunda semakin berat.Hal ini juga menandakan kelahiran semakin dekat dan panggul yang menjadi jalan lahir telah mempersiapkan diri. Kondisi ini normal terjadi pada trimester III karena bayi bergerak mencari tempat yang sesuai dan nyaman untuknya lahir nanti. Tetapi ada juga wanita yang sudah merasakan kondisi seperti ini pada awal kehamilan,biasanya hal itu menjadi bawaan bayi bunda sendiri.

e. Payudara terasa penuh dan mengeluarkan bau lembut

Pada usia 7 bulan sebenarnya bayi telah siap untuk dilahirkan. Jadi pada usia kehamilan 7 bulan secara biologis bunda sudah siap untuk menyusui. Bahkan pada trimester II payudara sudah mulai merembes ASI. Oleh karena itu payudara yang terasa penuh disebabkan meningkatnya keaktifan payudara dan pada saat saat akhir kehamilan bisa terjadi nyeri. Hal ini disebabkan ASI yang siap untuk keluar.

Pijatan-pijatan yang lembut dapat mengurangi rasa penuh pada payudara bunda dan sekaligus dapat bermanfaat sebagai perawatan payudara. Banyak buku yang mengupas tentang perawatan payudara yang dapat bunda baca.

Pada bulan ke Sembilan,apocrine (kelenjar penghasil bau) di daerah areola semakin aktif. Putting susu semakin besar dan lubang-lubang untuk jalan ASI melebar juga daerah areola agak lembab. Dan bau lembut yang khas itu menjadi daya tarik bagi bayi untuk menyusu. Bayi akan mengenali bunda melalui kekhasan bau payudara itu.

f. Meningkatnya detak jantung

Kerja jantung bunda akan semakin berat karena jantung harus memompa darah yang lebih banyak untuk melayani kebutuhan darah bagi bunda maupun untuk sang buah hati. Jantung juga bertugas mempersiapkan tubuh untuk menghadapi persalinan. Bunda akan merasakan debar-debar setiap saat bahkan pada saat malam hari ketika akan pergi tidur. Hal ini juga dapat menyebabkan bunda menjadi susah tidur.

Meningkatnya detak jantung merupakan gejala yang wajar pada ibu yang sedang hamil. Lesko & Lesko melaporkan pertambahan detak jantung itu berkisar antara 10 – 15 kali permenit. Jika pertambahan detak jantung lebih cepat dari itu mungkin karena bayi kembar atau karena adanya gangguan jantung. Dan jika ini terjadi segeralah bunda pergi ke dokter untuk memeriksakan diri.

g. Sering kontraksi

Sebenarnya bunda sudah dapat merasakan kontraksi pada trimester II atau bahkan trimester I tetapi pada trimester ini kontraksi meningkat menjadi lebih sering terjadi. Kontraksi yang terjadi sebagai tanda-tanda kelahiran bersifat ritmis dan jarak waktu yang teratur antara 10 – 20 menit sekali,selama kurang lebih 15 – 30 detik. Lama kontraksi akan semakin meningkat dan jarak waktu semakin dekat. Sedangkan kontraksi pada tahap trimester III bersifat tidak teratur dan tidak ritmis. Jadi bunda harus tahu seperti apa kontraksi yang bunda alami sekarang,jika bersifat ritmis maka segeralah bunda pergi ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

h. Gatal-gatal pada perut

Gatal-gatal pada perut terutama daerah pusat sering menjadi gangguan tersendiri bagi ibu hamil. Gatal-gatal ini bisa terasa semakin kuat pada saat menjelang tidur malam karena pada saat malam kondisi bunda sudah dalam kondisi relaks atau santai sehingga gangguan seperti ini sangat terasa pada saat malam hari.

Alangkah baiknya pada saat gatal seperti ini bunda jangan menggaruknya karena akan menimbulkan bekas alur pada perut bunda pada saat setelah melahirkan nanti. Bunda dapat mengurangi gatal tersebut dengan mengusap-usap saja perut bunda.

i. Jalan lebih lambat

Bunda dapat menjadi lebih lambat dari sebelumnya dalam segala aktivitas karena pertambahan berat badan,debar jantung semakin kuat, kaki edema,dan farji yang lembab. Bunda juga harus menahan beban yang tidak seimbang di perut bunda sehingga aktivitas apapun yang bunda lakukan menjadi lambat. Oleh sebab itu sebaiknya bunda relaks sejenak setelah melakukan aktivitas, mengambil nafas segar dan meluruskan kaki. Hal tersebut cukup membantu bunda.

j. Kepala bayi turun ke panggul

Beberapa minggu menjelang kelahiran kepala bayi mungkin sudah turun ke panggul (pelvis). Turunnya kepala bayi ke panggul berarti panggul sudah siap sebagai jalan ke luar bagi bayi. Turunnya kepala bayi ke panggul mungkin akan menimbulkan nyeri pada bagian belakang badan bunda seperti panggul,pinggang bahkan punggung. Ini membuat bunda menjadi sulit untuk berjalan atau melakukan sesuatu.

Catatan :
Hal-hal yang dialami wanita yang sedang hamil bisa berbeda-beda,apabila bunda mengalami gangguan yang tidak biasa bunda dapat memeriksakannya ke dokter. Dan saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi calon ibu yang akan menghadapi masa kehamilan. Untuk informasi tentang “Cara mengatasi gangguan khas kehamilan” bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Menyikapi dan Mengatasi Gangguan Khas Kehamilan dengan Baik. 

Have nice time, Bunda ! Rawat diri seorang bunda sangat penting untuk kesehatan bayi dalam kandungan anda.
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Hal yang dialami Bunda pada Masa Trimester 3 Ketiga"

Back To Top