Catatan Penting Persalinan Bunda Setelah Kelahiran

Masakankita.com - Setiap wanita di kodratkan untuk hamil dan melahirkan, tetapi bagaimana sikap yang tepat bagi bunda untuk dapat menghadapi proses persalinan dengan baik dan aman? Catatan Penting Persalinan Setelah Kelahiran tentu sangat penting untuk kesehatan bunda dan sang buah hati. Apalagi untuk anak pertama bunda, pasti bunda ingin sekali memberikan yang terbaik pada proses persalinan nanti.
catatan penting persalinan setelah kelahiran


Untuk bunda yang baru pertama kali akan menghadapi proses persalinan tidak perlu khawatir. Beberapa langkah kecil berikut ini dapat memberi manfaat besar bagi bunda untuk menjalani proses persalinan dengan baik,aman,lancar,sehat,dan juga menyenangkan.

Bunda perlu memperhatikan hal-hal penting ini saat bersalin :

Sering-seringlah buang air kecil sebelum bunda berkonsentrasi penuh untuk mengejan. Kantung kemih yang penuh saat melahirkan dapat menganggu kenyamanan dan keamanan persalinan bunda. Kantung kemih yang penuh dapat membuat bunda akan kehilangan konsentrasi untuk mengejan secara penuh sehingga daya untuk mengejan melemah.

Jangan pikirkan apa yang terjadi di masa berikutnya setelah kelahiran. Tugas bunda sekarang adalah menyelesaikan proses persalinan dengan baik. Bunda masih memiliki banyak waktu untuk memikirkan berbagai hal yang bunda anggap penting setelah proses persalinan nanti. Jadi jangan pikirkan hal-hal lain selain proses persalinan bunda.

Usahakan bunda untuk bersikap relaks. Ambillah setiap kesempatan pada tahap-tahap awal persalinan untuk relaks. Istirahat sebaik-baiknya menentramkan hati dan mengumpulkan tenaga sebelum puncak kontraksi tiba. Bunda tidak bisa relaks lagi saat puncak kontraksi tiba. Bunda harus konsentrasi penuh dan mengerahkan tenaga semaksimal mungkin.

Kumpulkan tenaga di setiap kesempatan istirahat bunda dengan mengkonsumsi makanan yang berkalori. Makanlah camilan yang bergizi dan mudah dicerna seperti biscuit. Dan janganlah bunda memakan makanan yang susah dicerna karena dapat menyulitkan persalinan seperti daging. Tubuh yang seharusnya berkonsentrasi terhadap persalinan malah akan bekerja untuk mencerna makanan. Kumpulkan juga tenaga dengan meminum air secukupnya,air putih merupakan pilihan terbaik. Jagalah diri bunda agar tidak mengalami dehidrasi (kekurangan air ). Dehidrasi ini akan menyebabkan bunda mengalami dystocia (kesulitan persalinan). Oleh karena itu perlu ada catatan penting persalinan bunda setelah kelahiran karena nanti bida dijadikan informasi apabila berobat ke bidan atau dokter lain.

Jangan terlalu mengharapkan persalinan itu mudah tanpa gangguan apapun. Memang ada wanita yang mengalami persalinan tanpa rasa sakit,tapi bukan berarti tidak mengalami rasa sakit sama sekali. Terlalu mengharapkan melahirkan tanpa rasa sakit akan meningkatkan kepekaan bunda terhadap rasa sakit. Akibatnya persalinan yang bunda jalani jauh lebih berat dari yang sesungguhnya.

Jangan membiarkan rasa malu menghantui bunda dalam mengejan dengan kekuatan penuh. Suami bunda tidak akan memperhatikan, apakah bunda mengeluarkan air besar / air kecil saat melahirkan. Bahkan suami bunda pun tidak akan peduli dengan semua itu sekalipun ia tahu. Suami dan dokter akan lebih memperhatikan keselamatan bunda dan bayi.

Perihal diatas adalah beberapa catatan penting persalinan yang perlu bunda perhatikan pada saat proses persalinan agar persalinan berjalan lancar dan aman. Bunda tidak perlu lagi khawatir akan apa yang bunda rasakan pada saat persalinan. Bunda cukup pasrah dan selalu berdoa kepada Tuhan agar selalu diberi kelancaran nantinya.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat melakukan persalinan yang aman ,selamat, dan lancar. Untuk informasi tentang “Sebab dan prosedur medis ketika kehabisan tenaga saat melahirkan” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Faktor dan Penanganan ketika Kehabisan Tenaga saat Melahirkan bagi Bunda.
Have nice time, Bunda ! Baca juga artikel sehatify.com lainnya tentang Penanganan Awal yang Bunda Alami Ketika Melahirkan.
Tag : Persalinan
0 Komentar untuk "Catatan Penting Persalinan Bunda Setelah Kelahiran"

Back To Top