Penangan Awal yang Dialami Bunda Ketika Melahirkan

penangan awal yang didapat bunda ketika melahirkan

Penanganan awal yang tepat ketika melahirkan by masakankita.com juga baik akan membuat bunda tenang dalam menjalani persalinan. Mengetahui berbagai hal yang mungkin akan terjadi , mungkin dapat mengurangi kecemasan dan ketegangan bunda ketika akan bersalin.  Oleh karena itu disini saya akan memberikan sedikit informasi tentang penanganan awal yang akan bunda alami ketika akan bersalin ,yaitu sebagai berikut :

1. Episiotomi

Episiotomi adalah prosedur medis untuk melebarkan jalannya lahir. Episiotomi dilakukan dengan melakukan sayatan kecil secara melintang atau memanjang pada vagina,sehingga bayi akan dapat lahir dengan lebih mudah dan leluasa. Manfaat ini sendiri bagi sang buah hati adalah  menghindari trauma otak.

Episiotomi tidak memerlukan penanganan yang khusus.Luka sayatan episiotomi ini akan segera cepat sembuh bersamaan dengan pulihnya kesehatan bunda secara alami. Jadi bunda tidak perlu takut maupun khawatir jika luka sayatan tersebut tidak lekas sembuh. Bunda cukup menjaga kondisi bunda dan kesehatan bunda,karena seiiring pemulihan kondisi bunda maka luka tersebut ikut pulih juga.

2. Cukur rambut kemaluan

Tindakan ini termasuk sering terjadi.Mencukur rambut kemaluan tidak selalu penting dalam melahirkan,tetapi dokter mungkin akan segera menyuruh perawat atau suster untuk mencukur rambut kemaluan bunda bahkan terkadang sang dokter sendiri yang akan mencukur rambut kemaluan bunda. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi sebelum benar-benar penting dan agar lebih aman dalam proses persalinan. Mencukur rambut kemaluan ketika persalinan baru dimulai memberikan hasil yang lebih baik pada proses persalinan.

Mencukur rambut kemaluan ini antara lain dibutuhkan sebagai langkah awal episiotomy dan dimaksudkan untuk menghindari infeksi pada vagina bunda.

3. Anastesi

Tindakan ini dimaksudkan untuk mengurangi rasa sakit bunda.Secara umum, anastesi adalah proses pembiusan. Ini termasuk tindakan yang tidak terlalu sering dilakukan kecuali persalinan yang membutuhkan operasi barulah anastesi sangat diperlukan bahkan harus. Pada kasus-kasus persalinan normal,bunda mungkin akan ditawari untuk menerima anastesi lokal atau anastesi total. Anastesi lokal diberikan hanya pada daerah farji sehingga bunda masih dapat menyaksikan proses persalinan yang bunda alami.

4. Mendapatkan Infus

Upaya ini dilakukan untuk memasok sumber energy yang bunda butuhkan selama proses persalinan terjadi. Dan dokter akanmengambil tindakan ini untuk membantu mengatasi kekurangan salah satu zat gizi pada tubuh bunda.

Sekilas info tentang penanganan awal yang akan bunda dapat ketika akan menghadapi proses persalinan. Bunda tidak perlu khawatir atau takut mengenai proses persalinan karena segala sesuatunya telah di persiapkan dengan baik oleh dokter atau pihak rumah sakit yang bunda pilih untuk meminimalkan rasa sakit yang akan bunda rasakan nanti.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat mengetahui penanganan awal yang akan bunda dapat. Untuk informasi tentang “Langkah kecil  menjalani proses persalinan untuk bunda dengan baik dan sehat” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Catatan Penting Saat Bersalin bagi Bunda.
Have nice time, Bunda !
Tag : Persalinan
0 Komentar untuk "Penangan Awal yang Dialami Bunda Ketika Melahirkan"

Back To Top