Cara Menyusui Buah Hati untuk Membentuk Kepribadian

Membentuk kepribadian sang buah hati dapat dilakukan melalui metode menyusui. Cara menyusui buah hati untuk membentuk kepribadian yang diharapkan bisa dengan mudah bunda lakukan. Menyusui akan mempengaruhi perkembangan kepribadian anak. Anak memperoleh pendidikan yang pertama dan utama melalui menyusui. Selam menyusu, anak akan memperoleh berbagai rangsangan yang kompleks bagi perkembangan anak secara menyeluruh.

cara menyusui bayi yang benar bagi bunda

Bunda akan memberikan pendidikan yang “sangat berpengaruh” dan langsung melalui berbagai aktivitasnya selama menyusui,seperti : sentuhan, tatapan matanya, ketulusan hatinya, dekapannya, caranya menghentikan bayi menyusu,perhatiannya kepada sang buah hati selama manyusui dan semua aktivitas yang dilakukan oleh bunda.

Beberapa hal berikut ini dapat bunda jadikan sebagai bahan pertimbangan :

  1. Persiapkan diri bunda sebelum menyusui,agar bunda memiliki keterlibatan jiwa yang total selama menyusui.
  2. Perhatikan buah hati bunda ketika bunda memasukkan putting susu ke mulut bayi.
  3. Ucapkan doa ketika mulai menyusui dengan tulus dan suara agak dikeraskan sehingga terdengar oleh bayi.


Bayi akan senang jika selama menyusui bunda memperhatikannya dengan berbicara kepadanya. Penuhilah kebutuhannya untuk mendengar nasihat bunda. Dengan begitu sang buah hati merasakan betapa ia sangat diperhatikan oleh bunda. Keperhatian ini yang akan membuat bayi merasa sangat nyaman apabila dekat dengan bunda.

Dekaplah bayi bunda selama menyusui dengan dekapan yang erat agar terjalin keharmonisan dan perasaan yang kuat antara bunda dan sang buah hati. Hal tersebut juga sangat disukai oleh bayi. Dan memberikan kekuatan tersendiri bagi sang buah hati. Informasi tentang cara menyusui yang sehat dan tepat bagi buah hati juga bisa bunda baca.

Tataplah mata sang buah hati selama menyusui,hal ini dapat meningkatkan ketertarikan yang terjadi pada bunda dan sang buah hati. Hal ini juga yang menjadikan ikatan antara bunda dan anak sangat kuat dan dekat.

Berikan ketenangan jiwa pada bayi bunda dengan ketenangan jiwa dari bunda. Jika bunda harus menyahuti orang yang agak jauh,lakukanlah dengan tenang. Jangan berubah secara mendadak dan tiba-tiba bersuara lantang. Karena hal itu dapat membuat bayi bunda kaget dan menangis. Atau ia akan menjadi bayi yang mudah gelisah kalau ia sering bunda kagetkan dengan hentakan yang tiba-tiba.

Setiap kali menyusui ambillah sikap yang baik pada tempat yang baik.Karena menyusui ini merupakan tahap yang amat awal untuk mendisiplinkan” dan membentuk sikap bayi.
"Akhiri menyusui itu dengan rasa syukur secara tulus."

Langkah-langkah seperti itulah yang bisa bunda terapkan kepada bayi bunda. Hal tersebut secara perlahan dapat mendidik kepribadian anak bunda kelak. Ketenangan,perhatian,dan juga sikap bunda terhadap buah hati sangat mempengaruhi emosional sang buah hati itu tersendiri. Oleh karena itu bunda harus sangat memperhatikan sikap dan perilaku yang bunda lakukan bersama sang buah hati. Semakin baik sikap dan sifat bunda maka semakin baik pula sikap dan sifat sang buah hati. Itu akan mempengaruhi pembentukan kepribadian dalam metode cara menyusui buah hati yang benar dan tepat.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat mengetahui cara awal yang baik dalam mendidik sang buah hati. Untuk informasi tentang “Penanganan-penanganan yang di dapat oleh bunda pada saat melahirkan ” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Penanganan Awal yang didapat Bunda Ketika Melahirkan.
Have nice time, Bunda !
Tag : Merawat Bayi
0 Komentar untuk "Cara Menyusui Buah Hati untuk Membentuk Kepribadian"

Back To Top