Manfaat Mencukur Rambut Bayi

manfaat mencukur rambut bayi
Tahukan bunda pentingnya mencukur rambut bayi? Banyak manfaat mencukur rambut bayi yang berguna untuk kesehatan. Dalam agama islam mencukur rambut bayi hukumnya adalah sunnah, dan menurut masyarakat Indonesia sendiri mencukur rambut bayi berguna untuk terlihat lebih lebat dan sehat. Dalam adat Jawa, biasanya bayi akan dicukur rambutnya pada saat selapan atau sesudah selapan. Dan dalam adat Bali, bayi dicukur pada usia 6 bulan. Memang mencukur rambut bayi dijadikan ritual tersendiri bagi sebagian orang. Yang jelas secara medis mencukur rambut atau tidak mencukur rambut tidak masalah, terserah kepada bunda.

Tetapi mencukur rambut bayi memang memiliki manfaat tersendiri, yaitu : 

1. Agar tidak iritasi
Bayi cenderung sering berkeringat, apalagi bila ia sedang melakukan aktivitas seperti minum susu. Keringat sendiri akan membuat kulit mudah iritasi sehingga terkadang keluar bintik-bintik merah pada bayi. Mencukur rambut pun akan menjadi keharusan apabila telah terjadi infeksi seperti bisul. Jika kita tidak membersihkannya secara benar akan mengundang bakteri yang akan menjadikan kulit kepala bayi terinfeksi. Adapun infeksi yang biasa terjadi pada bayi yaitu kulit bersisik dan merah (dermatitis seboroik). Sehingga sangat penting bunda untuk memperhatikan kebersihan rambut bayi. 

2. Membersihkan lemak atau kotoran
Rambut bayi membawa banyak lemak yang ia dapatkan saat melewati jalan lahir baik normal maupun sesar. Atau juga bisa dari gumoh bayi yang akhirnya menempel pada rambutnya. Apabila di keramas saja mungkin tidak akan cukup membersihkan secara keseluruhan,sehingga untuk membersihkan lemak dan kotoran tersebut bunda perlu mencukurnya. Kotoran tersebut juga dapat menimbulkan adanya bakteri yang menempel pada kulit kepala bayi. 

3. Bersifat mendinginkan
Dengan tidak adanya rambut pada bayi tentunya peredaran udara disekitar akan mudah masuk dan di nikmati oleh kulit kepala bayi. Dengan begitu bayi akan merasa lebih nyaman , apalagi untuk bayi didaerah tropis. Ini sangat membuatnya segar selalu.

Hal-hal diatas adalah maanfaat dari mencukur rambut. Tidak heran apabila ada yang mengatakan mencukur rambut dapat menajdi sehat, karena kurangnya kotoran yang menempel pada kulit kepala bayi yang menyebabkan terjadinya infeksi pada kepala bayi. Apabila bunda mendengar bila mencukur rambut bayi dapat menjadikannya lebat, mungkin itu ada benarnya.

Catatan :
Mencukur atau tidak mencukur tidak menjadi permasalahan , terserah bunda sendiri dalam menyikapinya. Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat mengetahui manfaat mencukur rambut bayi. Untuk informasi tentang “Cara mengajari anak agar tidak berkomentar spontan / ceplas ceplos” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Cara Mengajari Anak Berbicara Baik.
Have nice time, Bunda ! Terimakasih telah membaca Tips Manfaat Mencukur Rambut Bayi ini semoga dapat berguna untuk bunda yang sehat.
Tag : Merawat Bayi
1 Komentar untuk "Manfaat Mencukur Rambut Bayi"

Sangat berguna sekali bagi saya yang mana insyaAllah sebentar lagi akan menjadi seorang ayah. amin

Back To Top