Mengenali Tanda-Tanda Awal Persalinan Bunda

ciri dan tanda awal persalinan bunda

Sebelumnya telah dibahas Cara Menyikapi dan Mengatasi Gangguan Khas saat Hamil, lalu Mengenali Tanda Tanda Awal Persalinan Bunda harus diketahui dengan baik agar bayi yang ada di dalam kandungan sehat selalu. Kontraksi yang terjadi pada minggu-minggu akhir usia kehamilan bunda biasanya sering membuat bunda maupun suami tergopoh-gopoh. Bunda akan menyangka akan melahirkan sewaktu-waktu sehingga membuat bunda sering bolak balik ke rumah sakit. Padahal ada beberapa kontaksi bisa menjadi kontraksi palsu. Oleh karena itu perlu bunda mengetahui tanda-tanda kontraksi palsu. Tanda awal persalinan yaitu :

1. Kontraksi yang teratur

Perlu bunda ketahui juga,kontraksi yang menandai ciri dari awal persalinan terjadi secara teratur dan makin lama makin kuat. Masa kontraksi lebih panjang dengan lama kontraksi 30-60 detik. Kontraksi ini tetap terjadi pada kondisi apapun,termasuk pada saat bunda jalan. Dan rasa sakit akibat kontraksi ini terjadi pada perut. Pada awalnya kontraksi rahim terjadi sakit15-30 menit sekali. Sedang lebar bukaan sekitar 4 cm atau kurang lebih selebar dua jari. Kontraksi ini semakin lama semakin kuat dan kontraksi waktu semakin panjang.

2. Rasa sakit seperti menjelang haid

Selama proses bersalin bunda akan mengalami rasa sakit seperti menjelang hadi . Rasa sakit ini disertai oleh rasa hangat pada perut bagian dalah dan semakin lama semakin kuat. Bunda akan merasakan semakin cepatnya kontraksi dan rasa sakit yang semakin tidak terkendali sehingga bunda dapat susah untuk mengendalikan rasa sakitnya. Pada saat menjelang keluarnya bayi bunda akan semakin sulit untuk melakukan relaksasi. Puncak rasa sakit ini ditandai dengan nyeri yang kuat pada bagian bawah rahim.

3. Pecahnya ketuban

Ketuban adalah air yang melindungi bayi dari tekanan-tekanan luar. Pecahnya ketuban menandai akan segera lahirnya bayi bunda. Air ketuban biasanya berwarna bening dan agak kekuning-kuningan , jadi apa bila bunda sudah melihat ada tanda-tanda pecahnya ketuban seperti keluarnya air berwarna bening maka segeralah bunda membawa diri ke dokter atau rumah sakit terdekat.

4. Punggung sakit
Rasa sakit yang teramat kuat terasa pada punggung tetapi rasa sakit ini bukan rasa sakit akibat kontraksi. Rasa sakit akibat kontraksi berpusat pada perut. Rasa sakit pada punggung ini semakin terasa menyiksa,pada saat bayi sudah turun ke panggul. Inilah puncak rasa sakit yang terjadi pada punggung.

5. Perut hangat
Pada awal persalinan bunda akan merasakan bahwa perut bunda terasa lebih hangat dari pada sebelumnya. Tetapi ini akan berubah menjadi rasa sakit nantinya. Saat puncak kontraksi terjadi,bunda akan benar-benar merasakan sakit secara fisik yang kuat. Dan pada kondisi ini dukungan orang-orang terdekat sangat penting untuk mengurangi rasa sakit.

Itulah tadi Cara Mengenali Tanda tanda awal persalinan bunda yang diulas lengkap berdasarkan referensi dari Dokter Kehamilan dan juga literatur buku, semoga dapat bermanfaat.

Catatan :
Terkadang untuk beberapa wanita, ada yang mengalami pendarahan kecil seperti keluarnya sedikit darah dari vagina. Apabila hal ini terjadi bunda dapat langsung memeriksakannya pada dokter. Dan saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi calon ibu yang akan menghadapi proses persalinan. Untuk informasi tentang “Mengatasi gangguan pada payudara ketika menyusui ” bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Mengatasi gangguan-gangguan pada payudara ketika menyusui

Have nice time, Bunda !
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Mengenali Tanda-Tanda Awal Persalinan Bunda"

Back To Top