Cara Mengatasi Gangguan Pada Payudara Ketika Menyusui

payudara sehat dan indah

Selama menyusui, bunda terkadang mengalami gangguan-gangguan pada payudara, sehingga payudara bunda tidak sehat. Bagimana Cara Mengatasi Gangguan Pada Payudara ketika menyusui ini terutama terjadi pada hari-hari pertama setelah melahirkan. Memiliki payudara yang indah dan sehat tentu diminati kaum pria, khususnya untuk suami bunda. Oleh karena itu perawatan yang tepat untuk payudara perlu dilakukan. Gangguan payudara yang sering terjadi pada ibu menyusui adalah :

1. Payudara bengkak

Payudara bengkak merupakan masalah yang paling sering terjadi pada bunda yang baru melahirkan,terutama pada hari ketiga atau keempat. Tetapi bunda tidak perlu khawatir karena payudara yang bengkak ini dapat sembuh dengan sendirinya dalam 24 jam atau 48 jam. Penyebab payudara bengkak ini adalah karena produksi ASI yang besar yang tidak segera dikeluarkan melalui menyusui. Ibu yang mengalami payudara bengkak akan merasa sakit saat menyusui. Pemberhentian menyusui tidak akan menyelesaikan masalah tersebut.

Penanganan preventif yang dapat dilakukan oleh bunda adalah dengan melakukan pemijatan payudara pada saat hamil terutama pada trimester III. Lakukan pemijatan pada daerah areola.Pijatlah dengan tekanan yang lembut tetapi kuat dari putting susu sampai batas areola. Pilin-pilinlah putting susu untuk melancarkan saluran ASI.

Pemijatan payudara selain sebagai langkah preventif saat hamil juga berlaku sebagai langkah kuratif (penyembuhan). Pada saat baru melahirkan, bunda dapat melakukan pemijatan sesering mungkin.

Langkah lain yang dapat bunda ambil adalah dengan perantara alat bantu. Pengeluaran ASI ini penting agar tidak terjadi pembengkakan payudara maupun payudara bernanah. Dengan begitu bunda dan bayi pun sehat.

2. Puting sakit

Hal ini terjadi karena posisi dan cara menyusui bunda yang salah. Bunda dapat mencegah putting sakit dengan perawatan putting dan payudara yang baik selama hamil. Tetaplaj menyusui bayi bunda dengan bahagia dan sehat. Menghindari terjadinya pembengkakan payudara juga menghindari resiko nyeri putting. Pemilihan BRA yang salah juga merupakan salah satu faktor penyebab putting nyeri. BH yang baik bagi bunda yang menyusui secara umum sama seperti saat hamil. Bunda memerlukan cungkup BH yang memadai sebagai tempat pelapis BH ,sehingga BH dapat bertumpu pada kain pelapis.

3. Puting susu kering dan pecah-pecah

Perawatan yang dapat bunda lakukan apabila bunda mengalami hal tersebut yaitu dengan memberikan perawatan yang baik dan sehat,antara lain :

  • Membersihkan payudara dengan air hangat dan kain yang lembut
  • *jangan menggunakan sabun karena dapat menghilangkan minyak alamiah pelindung kulit payudara
  • Menghangatkan dengan lampu atau angin-anginkan putting susu bunda


4. Puting rata
Gangguan ini biasa dialami oleh bunda yang baru pertama kali mempunyai anak terutama bunda yang memiliki payudara kecil,tetapi tidak setiap bunda yang berpayudara kecil seperti itu. Untuk mengatasi hal tersebut bunda dapat melakukan pemijatan. Pemijatan yang dilakukan hamper sama seperti pemijatan pada pembengkakan payudara. Hanya saja untuk putting rata bunda perlu menarik-narik putting secara lembut dan perlahan. Dan jangan lupa basahin terlebih dahulu dengan air hangat.

5. Mesitis dan abses payudara

Beberapa ahli menyarankan agar bunda yang mengalami infeksi payudara itu hendaknya tetap menyusui. Infeksi payudara tidak akan membahayakan bayi bunda kata Miller & Brooten. Infeksi payudara umumnya interstisial,bukan intraductal.Bunda perlu menghindari bendungan ASI pada payudara dan bunda perlu memberikan perawatan yang baik agar tidak berkembang menjadi abses payudara (payudara bernanah). Apabila terjadi hal tersebut, baru bunda tidak bisa menyusui bayi bunda. Lebih baik bunda pergi dan periksakan diri bunda ke dokter agar mendapat penanganan yang baik.

Catatan :
Artikel diatas termasuk cara yang dapat meminimalkan gangguan yang bunda rasakan,apabila gangguan tersebut masih tetap saja terjadi bahkan berlarut-larut,bunda dapat juga memeriksakan ke dokter agar dapat penanganan yang lebih baik.Dan saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda. Untuk informasi tentang “Cara menyusui yang baik dan sehat bagi bunda dan buah hati” bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Cara Menyusui Sehat dan Tepat bagi Bunda dan Buah Hati.
Have nice time, Bunda ! Baca juga Cara Mengenali Tanda Tanda awal persalinan bunda.
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Gangguan Pada Payudara Ketika Menyusui"

Back To Top