Nutrisi Tepat untuk Tumbuh Kembang Bunda selama Masa Kehamilan

Nutrisi Tepat untuk Tumbuh Kembang Bunda selama Masa Kehamilan on masakankita.com - Apa nasehat dokter ketika bunda memeriksakan kehamilan? Ya,salah satunya tentang makanan ! Bunda diminta memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi sepanjang masa kehamilan. Memang pada dasarnya semua nutrisi dibutuhkan untuk tumbuh kembang janin yang optimal. Namun kita juga tidak dapat memungkiri bahwa ada nutrisi krusial yang sangat diperlukan janin terkait tumbuh kembangnya pada masing-masing trimester.

http://www.sehatify.com

Berikut ini Nutrisi Tepat untuk Tumbuh Kembang Bunda saat Masa Kehamilan diantaranya :

1. Asam Folat
Asam folat termasuk kelompok vitamin B,berperan dalam mengurangi risiko kecacatan susunan saraf pusat dan tulang belakang. Selain itu asam folat juga dapat mencegah bayi lahir premature dan pertumbuhan janin yang kurang. Begitu pentingnya asam folat, setiap suplemen atau susu yang bunda minum mengandung asam folat ini. Mengingat betapa pentingnya asam folat bagi janin, alangkah baiknya bunda mengkonsumsi asam folat ini semenjak awal kehamilan. Beberapa bahan yang dapat dijadikan sumber asam folat adalah : Brokoli , Gandum , Kacang-kacangan , Jeruk , Stroberi , Hati , dan Bayam.

2. Protein
Pertumbuhan otak membutuhkan energi ekstra. Kekuranga protein juga dapat menyebabkan gagalnya pembentukan otak yang optimal. Untuk itu bunda perlu meningkatkan konsumsi protein pada awal kehamilan karena pada awal kehamilan system otak mulai terbentuk. Dianjurkan bagi bunda untuk mengkonsumsi 600-700 g makanan berprotein setiap harinya. Makanan berprotein berada pada : Daging,Telur,Susu,Ikan, dan Kacang-kacangan.

3. Vitamin B6
Sebenarnya vitamin B6 atau pridoksin,dibutuhkan disepanjang kehamilan dalam jumlah yang tetap (1,7 mg) karena vitamin ini dapat mengebalkan tubuh.Dampaknya sangat jelas apabila bunda kurang dalam mengkonsumsi ini akan mengakibatkan morning sickness. Vitamin ini juga dapat mengurangi muntah maupun mual selama masa kehamilan bunda. Bahan makanan yang menagndung vitamin B6 adalah : Pisang, Sereal,Kentang,Ikan,Ayam,Gandum,Jagung,Susu, serta Kacang-kacangan.

4. Serat Pangan
Serat dibutuhkan tubuh untuk mencegah terjadinya sembelit yang umum dialami oleh bunda yang sedang hamil. Meningkatnya hormone progesterone mengakibatkan mobilitas/gerakan organ pencernaan menjadi lambat,hal ini yang mengakibatkan sembelit pada bunda yang sedang hamil. Bunda dapat menemukan serat pada Buah-buahan dan juga Sayuran,dan juga pada bahan makanan sumber karbohidrat komplek.

5. Yodium
Mineral yang satu ini dapat mempengaruhi perkembangan janin karena berkaitan dengan senyawa trioksin yang berperan mengontrol setiap metabolism sel baru yang terbentuk. Bila kekurangan senyawa ini akibatnya proses perkembangan janin termasuk otaknya dapat terhambat atau terganggu. Janin akan tumbuh kerdil. Bahan makanan yang menyimpan yoidum adalah : Garam beryodium, Ikan laut,dan rumput laut.

6. Energi
Bunda butuh bekal energy yang banyak terutama ketika akan menghadapi proses persalinan. Pastikan kebutuhan energy bunda terpenuhi dengan mengkonsumsi makanan berkarbohidrat seperti Susu, Telur,Alpukat , Daging dan Minyak nabati.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat mempersiapkan kehamilan yang sehat, baik , nyama , dan aman. Untuk informasi tentang “Perkembangan janin per trimester dan apa saja yang perlu bunda lakukan?” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Perkembangan Sang Buah Hati  di Kandungan.
Have nice time, Bunda !
Tag : Ibu Hamil
0 Komentar untuk "Nutrisi Tepat untuk Tumbuh Kembang Bunda selama Masa Kehamilan"

Back To Top