Cara Menyusui Sehat dan Tepat bagi Buah Hati Bunda

cara menyusui sehat dan tepat bagi buah hati bunda

Cara menyusui yang benar ternyata tidak semua bunda yang mengetahuinya. Padahal Cara Menyusui yang Sehat dan Tepat bagi Buah Hati Bunda tentu memberikan dampak penting bagi seorang bayi/ balita yang kita rawat. Pemberian ASI ( Air Susu Ibu ) yang tepat dan benar dinilai dapat mempengaruhi kepintaran seorang buah hati dan juga kesehatan payudara bunda. Untuk Cara Mengatasi Gangguan Pada Payudara Ketika Menyusui bisa bunda baca agar kesehatan tetap terjaga khususnya bagi bunda dan anak.

Ketika pertama kali menyusui pasti bunda akan gugup. Hal ini wajar bagi bunda yang baru pertama kali menyusui sang buah hati. Mungkin bunda tidak akan tahu apa yang harus dilakukan. Disini saya akan memberikan informasi tentang cara menyusui yang sehat dan tepat. Beberapa langkah yang dapat bunda terapkan adalah :

  1. Peganglah bayi dengan erat-erat. Hadapkanlah bayi ke wajah bunda. Timanglah bayi bunda sejenak selama mengubah posisinya dari terbaring hingga siap menyusui. Menimang ini juga akan member kesempatan pada bayi untuk mempersiapkan diri.
  2. Gunakan jari telunjuk dan jari tengah untuk menahan areola dan mengarahkan putting ke bayi bunda, sehingga bayi akan berada di posisi siap disusu.
  3. Gunakan jari kelingking untuk menyentuh pipi bayi . Setelah itu bayi akan membuka mulutnya begitu bunda menyentuh pipinya.
  4. Masukkan putting susu ke mulut bayi bunda. Yakinkan bahwa seluruh areola telah masuk ke dalam mulut bayi. 

Kebiasaan menyusu ini akan mempengaruhi pertumbuhan gigi bayi.Dan posisi menyusu yang tepat juga menyehatkan payudara maupun putting bunda. Apabila bayi menolak disusui padahal bayi ingin menyusu , maka tawarkan payudara lain yang disukai bayi.

Jika bunda ingin mengganti posisi bayi ,memindahkan penyusuan ke payudara sisi sebelahnya atau ingin menghentikan menyusui. Maka sentuhlan pipi bayi bunda dengan jari kelingking. Setelah itu tariklah putting bunda dengan lembut. Hal ini dilakukan agar tidak mengangetkan bayi bunda dan untuk menghindari lecet pada putting.

Jika proses awal menyusui ini berjalan lancar,insyallah bunda dapat menyusui bayi bunda di hari-hari berikutnya dengan lebih mudah dan relaks.Bunda dapat menyusui dengan mudah ,sehat, dan tepat. Itulah tips kesehatan tentang Cara Menyusui Sehat dan Tepat bagi Buah Hati Bunda.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda. Untuk informasi tentang “Cara mendidik bayi yang baru lahir dengan baik” bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Komunikasi yang baik bagi sang buah hati.
Have nice time, Bunda !
Tag : Merawat Bayi
0 Komentar untuk "Cara Menyusui Sehat dan Tepat bagi Buah Hati Bunda"

Back To Top