Cara Mengajari Anak Untuk Disiplin Sikap

cara mengajari anak untuk disiplin sikap

Disiplin adalah sikap penting yang perlu dimiliki seorang anak,karena disiplin memberikan banyak dampak penting bagi perkembangan anak bunda. Sangat penting mengajari dan menanamkan sikap disiplin pada anak sejak dini. Contohnya , anak harus dilatih untuk disiplin dalam bersikap. Hal ini nantinya akan menumbuhkan sikap kemandirian pada diri anak. Sikap disiplin pada anak dapat dilakukan dengan banyak cara, tetapi saya disini akan memberikan info tentang cara mendidik anak untuk disiplin sikap menggunakan metode TIME OUT.

Apa itu Time Out ? Time out adalah suatu kondisi dimana anak akan dikeluarkan dari rasa menyenangkan karena berperilaku kurang baik. Jadi time out merupakan cara yang tepat untuk membantu dalam pendisiplinan anak. Time out bukanlah sebuah hukuman tetapi lebih kepada strategi untuk mengajari anak mengendalikan diri dan menenangkan diri sendiri , sehingga anak akan berlatih cara mandiri dan bertanggung jawab. Inilah Cara Mengajari Anak untuk Disiplin Sikap dengan pelaksanaan time out.

Berikut adalah tahapan pelaksanaan time out untuk anak agar efektif :

  1. Beri peringatan atau warning

  2. Ketika anak melakukan kesalahan,berilah peringatan. Dengan berhitung sampai tiga kali pelanggaran missal. Jika anak tersebut tidak menurut,datangi ia lalu tatap mata nya dengan posisi serendah dirinya kemudian katakana lagi dengan lembut perintahnya dan konsekuensinya.


  3. Jangan tanggapi

  4. Jika anak tidak juga menurut, maka suruh dia berdiam diri di sebuah ruangan tanpa barang atau benda apapun di dalamnya. Jika ia mengeluh atau membantah,jangan katakana apapun untuk menanggapinya.


  5. Manfaatkan pengaturan waktu

  6. Pasang alarm di tempat yang dapat anak lihat. Pilih yang berukuran besar agar angka dan bunyinya terlihat juga terdengar oleh anak. Jadi bunda perlu mengatur waktu berapa lama anak berdiam diri agar bunda dapat memantau perkembangannya juga.


  7. Usai Time Out ,jangn biarkan anak menangis

  8. Dekati anak,berikan pelukan setelah itu ucapkan terima kasih dan bicaralah dengannya. Jangan biarkan anak mengais atau tetap berada pada posisi diam. Yang perlu bunda tanyakan adalah mengapa anak melakukan hal tersebut dan apa yang terjadi. Disini anak akan diajarkan untuk mengungkapkan apa yang dirasakan dan dipikirkan dengan baik, lalu kemudian bunda lah yang perlu menyampaikan apa yang diinginkan. Ruangan tersebut atau sering disebut “sudut diam” bukan lah tempat kebencian orang tua melainkan tempat untuk menenangkan diri.


  9. Berikan Pujian

  10. Setelah pembicaraan selesai dan anak sudah mau melakukan perintah yang sebelumnya dibantah, berikan pujian sebagai bentuk penghargaan bagi anak bunda.


  11. Lakukan Time Out dengan berulang dan konsisten 

Lakukan Time Out dengan berulang dan konsisten ketika anak tidak mau melakukan perintah bunda, agar perkembangan anak mengarah ke yang lebih baik. Baca juga artikel kami tentang Perkembangan Janin Usia 1-9 Bulan Masa Kehamilan.

Catatan :
Saya harap hal ini dapat menjadi referensi dan sumber wawasan yang baru bagi bunda untuk dapat menanamkan sikap disiplin pada diri anak. Untuk informasi tentang “Mengajari sikap kewirausahawan pada anak” ,bunda dapat membacanya di artikel saya tentang Cara Mengajari Anak Berwirausaha.
Have nice time, Bunda !
0 Komentar untuk "Cara Mengajari Anak Untuk Disiplin Sikap"

Back To Top